E-Commerce

Electronic Commerce


Definisi dan Konsep:
-Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan.
  bidang manajerial dan profesional.
- Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya,
   segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja .
- Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita
   didalamnya.
 
 
  E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
 Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya
 Perdagangan:penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya
 Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi.
 Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.
 Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahan
 Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi
 Komunitas: tempat berkumpul (mangkal) bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi

 Katagorisasi e-Commerce:
 Pure vs. Partial EC  
tergantung dari derajat digitasi (transformasi dari fisik ke digital):
1.produk (jasa) yang dijual;
2.proses bisnis; dan
3.agen penyalur (dengan digital intermediary)

 Perusahaan Brick & Mortar  
yaitu perusahaan model “ekonomi lama” yang melakukan sebagian besar aktivitas bisnisnya secara manual (off-line), menjual produk fisik melalui agen penyalur fisik .

Perusahaan Virtual (pure-play
 semua aktivitas bisnis dilakukan online
 
Perusahaan Click & Mortar  
melakukan aktivitas EC, tetapi aktivitas bisnis utama dilakukan di dunia fisik.
 
Pasar elektronik (e-marketplace
pasar online dimana pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar produk
 jasa, uang, atau informasi  

  Dua tipe umum e-commerce:
business-to-consumer (B2C) : 
transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual 
e-tailing: ritel online, biasanya B2C 
  business-to-business (B2B):
perusahaan melakukan transaksi online dengan perusahaan lain. 
 Infrastrukturnya
 Internet: jaringan global 
 Intranet:jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti 
protokol Internet, browser Web, dsb.
 Extranet:jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet.

 
 


  
 
   
 


 



1 komentar:

  1. New slot machines | casino, slots, dice, dice, casino - JTG Hub
    With a wide 강원도 출장샵 variety of slot machines available in denominations 대구광역 출장샵 ranging from 경기도 출장마사지 denominations 1¢ and 인천광역 출장마사지 up, the 대전광역 출장샵 gambling floor offers plenty of fun

    BalasHapus

jangan lupa beri komentarnya,atau masukan apapun yang mungkin dapat berguna untuk saya dan teman2.oke..