Electronic Commerce
Definisi dan Konsep:
-Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan.
bidang manajerial dan profesional.- Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya,
segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja .
- Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita
didalamnya.
E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya
Perdagangan:penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya.
Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi.
Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.
Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahan
Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi
Komunitas: tempat berkumpul (mangkal) bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi
Katagorisasi e-Commerce:
Pure vs. Partial EC
tergantung dari derajat digitasi (transformasi dari fisik ke digital):
1.produk (jasa) yang dijual;
2.proses bisnis; dan
3.agen penyalur (dengan digital intermediary)
Perusahaan Brick & Mortar
yaitu perusahaan model “ekonomi lama” yang melakukan sebagian besar aktivitas bisnisnya secara manual (off-line), menjual produk fisik melalui agen penyalur fisik .
Perusahaan Virtual (pure-play)
semua aktivitas bisnis dilakukan online
Perusahaan Click & Mortar
melakukan aktivitas EC, tetapi aktivitas bisnis utama dilakukan di dunia fisik.
Pasar elektronik (e-marketplace)
pasar online dimana pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar produk,
jasa, uang, atau informasi
Dua tipe umum e-commerce:
business-to-consumer (B2C) :
transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual
e-tailing: ritel online, biasanya B2C
business-to-business (B2B):
perusahaan melakukan transaksi online dengan perusahaan lain.
Infrastrukturnya :
Internet: jaringan global
Intranet:jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti
protokol Internet, browser Web, dsb.
Extranet:jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet.
New slot machines | casino, slots, dice, dice, casino - JTG Hub
BalasHapusWith a wide 강원도 출장샵 variety of slot machines available in denominations 대구광역 출장샵 ranging from 경기도 출장마사지 denominations 1¢ and 인천광역 출장마사지 up, the 대전광역 출장샵 gambling floor offers plenty of fun